5 Kunci Pemimpin Sukses

Kepemimpinan amat penting dalam kehidupan ini. Pada hakikatnya setiap dari kita juga adalah seorang pemimpin yang nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya. Yang membedakan hanyalah ruang lingkupnya saja. Pemimpin bangsa tentu akan dimintai pertanggungungjawaban dalam mengurus rakyatnya. Pemimpin rumah tangga tentu juga akan dimintai pertanggungjawaban mengenai rumah tangganya.

Nah, berhubungan dengan itu, kali ini saya coba share apa yang dilakukan oleh pemimpin yang hebat?

Kadar kepemimpinan dari tiap orang mungkin berbeda-beda. Itu sebabnya ada orang yang diberi amanah untuk menangani dalam lingkup yang lebih luas dan lingkup yang lebih sempit. Namun seberapapun luas-sempitnya lingkup kepemimpinan yang kita tangani, tentunya kita ingin menjadi pemimpin yang lebih baik dari hari ke hari. Dan inilah yang dilakukan oleh para pemimpin hebat dalam mengajak timnya mengarah ke tujuan yang diharapkan bersama.



Pemimpin hebat tentunya memiliki tujuan yang hebat, dan mereka mampu membuat orang yang mengikutinya paham mengenai tujuan itu serta mengarahkan dan mendorong agar bersama-sama bisa mencapainya.

Keyakinan.
Pemimpin hebat memiliki keyakinan untuk mencapai tujuannya. Mereka mampu menyebarkan keyakinan itu pada orang-orang di sekitarnya. Dan berkat keyakinan dan ACTION yang konsisten yang dilakukan, itu bisa mendorong orang untuk mengikutinya.

Inspiratif.
Pemimpin yang hebat itu mampu menginspirasi orang. Mereka mampu menggerakkan orang lain lewat inspirasi yang ditularkannya. Mereka mampu dengan jelas menyampaikan pesan yang ingin disampaikannya.

Bicara Dari Hati.
Pemimpin yang hebat itu bicara dari hati. Dengan kejujuran, mengutarakan apa tujuan dan target yang ingin dicapai, serta kesadaran akan keterbatasan yang juga mungkin mereka miliki.

Optimis.
Rasa optimis pasti selalu menyelimuti diri pemimpin yang hebat. Mereka yang yakin bisa mendorong timnya untuk selalu meningkatkan kualitas sehingga bisa mencapai standar yang lebih baik.

ACTION.
Pemimpin yang hebat itu pastilah gemar ACTION. Sesudah mengenali akar masalahnya, mereka kemudian merumuskan apa yang harus dilakukan dan segera meng-ACTION-kannya. Mereka amat paham seberapa tebal lembar kajian masalah yang sudah disusun, itu sama sekali tak berarti jika tak ACTION yang dilakukan untuk menyelesaikannya.

Itulah lima hal yang dilakukan oleh pemimpin yang hebat. Semoga bermanfaat.
Salam ACTION!

Sumber: Aplikasi Bisnis Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar