Pelajaran Socrates

SOCRATES, Seorang filusuf terkenal, didatangi seorang pemuda ingin menjadi muridnya.

"Saya telah berjalan ribuan kilometer untuk bisa berjumpa bapak. Ajarilah saya tentang kebijaksanaan," kata pemuda itu.

Socrates berkata, "Mari, ikut saya."

Filusuf besar dan anak muda itu lalu berjalan menuju pantai. Mereka lalu melangkah ke laut dan baru berhenti setelah air mencapai pinggang mereka. Tiba-tiba Socrates mencengkram leher pemuda tersebut dan menenggelamkannya ke air. anak muda itu meronta dengan keras, namun guru itu tetap membenamkan kepalanya ke dalam air.


Akhirnya setelah gerakan pemuda itu melemah, Socrates menarik kepala anak muda itu dari air dan membaringkannya ke tepi pantai. Guru terkenal ini pun kembali ke rumahnya.

Ketika pemuda ini telah pulih kembali tenaganya, dia kembali menemui Socrates.

"Bapak adalah orang terpelajar dan penuh kebijaksanaan, tapi kenapa bapak memperlakukan saya begitu buruk?" tanya pemuda itu dengan marahnya.

"Ketika kepalamu di dalam air, apa satu-satunya hal ang paling kamu inginkan melebihi segala sesuatu yang lain?" tanya Socrates.

"Saya menginginkan udara," jawab pemuda itu.

Lalu Socrates berkata, "Jika kamu menginginkan ilmu dan kebijaksanaan sebesar kamu menginginkan udara, kamu tidak harus meminta seseorang untuk memberikannya kepadamu. Ilmu seperti udara. Kamu bisa mendapatkannya di manapun dan kapanpun."
Itulah petuah berharga Sang Guru Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar